Selasa, 20 Desember 2011

KONSEP DASAR BALANCED SCORECARD

Ada beberapa pengertian balanced scorecard  yang dapat kita ambil yaitu :
1.    Balanced Scorecard merupakan suatu metodologi penilaian kinerja yang berorientasi pada pandangan strategis ke masa depan yang diperkenalkan oleh Robert S.Kaplan dan David P. Norton (1992).
2.    Balanced Scorecard sebagai ukuran dan sistem manajemen yang menunjukkan kinerja suatu unit bisnis dari empat perspektif : finannsial,pelanggan,proses bisnis internal dan pertumbuhan diperkenalkan oleh Anthony, Banker, Kaplan, dan Young (1970).
3.    Sedangkan menurut Charles H Brandon, Ralph E. Drtina (1997 : 741), definisi balanced scorecard adalah : pendekatan sistem untuk mengorganisasikan ukuran kinerja kedalam kerangka yang terintegrasi dan mudah dipahami berdasarkan empat perspektif berbeda (key variable) yang menetapkan sasaran perusahaan.
Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa balanced scorecard adalah suatu sistem pendekatan untuk mengukur kinerja yang dilakukan oleh perusahaan melalui kerangka kerja pengukuran yang didasarkan oleh perusahaan melalui kerangka kerja pengukuran yang didasarkan oleh empat perspektif, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal dan proses pembelajaran dan pertumbuhan. (Freddy Rangkuti, 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

facebook

Selamat Datang Jgn Lupa Comment
Widget by: Facebook Develop by: unicom